Senin, 16 September 2013

kandang iguana

Tubuh pada iguana yang sering sekali terluka dan mengakibatkan cacat permanen adalah bagian mulut ,ekor, jari dan kuku iguana. Penempatan iguana perl u diperhatikan dangan baik apakah iguana hendak di freeroom (lepas di dalam rumah) atau di dalam kandang. Jika kalian menggunakan cara freeroom sebaiknya iguana kalian harus sudah bertubuh sedikit  besar sekira 50cm karna meminimalisir terjadinya iguana kalian menyelinap kedalam sela-sela yang tidak terjangkau oleh kalian.
                                                                                                                                   
Menempatkan iguana di dalam kandang
Jika kalian menggunakan kandang dengan besi kotak-kotak, seperti berikut :


saya pernah memiliki pengalaman menempatkan iguana pada kandang yang memiliki sisi-sisi besi kotak-kotak seperti gambar di atas, kebanyakan iguana akan mudah panik dengan tempat baru yang mereka tempati, hal tersebut akan membuat iguana cenderung ingin bebas dan menjadi agresif di dalam kandang, yang membuat iguana bergerak ke segala arah dan tanpa sadar menggesekan bagian depan wajah mereka pada besi-besi yang mengurung mereka, dan hal tersebut dapat melukai wajah iguana, iguana saya pernah kehilaangan cula/tanduk karna kandang tersebut. Jadi saran saya jika menggunakan kandang tersebut. Hendaklah iguana yang kalian miliki sudah tenang dan terbiasa di dalam kandang. hati-hati buat yang punya iguana rhinolopha sayang kalo hilang tanduknya.

Jika kalian menggunakan kandang sebagai berikut :


 Akibat yang sering terjadi sebagai berikut :


Biasanya sang pemilik tidak menyadari luka tersebut disebabkan karena apa, luka tersebut bisa terjadi karena jari iguana yang tersangkut dari bagian sisi-sisi kandang tersebut, beberapa contoh foto sisi kandang yang menyebabkan hal tersebut :



Foto tersebut adalah contoh!! sebenarnya rongga pada gambar tersebut sudah saya rapatkan kembali dengan cara di lakban, agar tidak terulang kembali kejadian yang sama.


 


Sebenarnya menggunakan kandang tersebut tidak ada salahnya namun berikan pengamanan yang terbaik agar iguana yang berada di dalam kandang tersebut tidak terluka.

Maaf belum terlalu komplit infonya

1 komentar:

  1. apakah kuku iguana yg oatah atau copot bisa numbuh lagi
    trima kasih

    BalasHapus